Am I Officially Undergraduate?

3:07:00 PM

Masih teringat dipikiran, ketika cobaan demi cobaan datang silih berganti saat aku berusaha menyelesaikan skripsi. What!!! hampir 4 tahun aku nikmati masa-masa susah senang sedih gembira di kampus. Dan sekarang aku udah SARJANA?! Masih ngga percaya! Well...inget banget deh tepat tanggal 16 Januari 2014 aku Seminar Proposal setelah hampir 3 minggu sebelumnya aku di awang-awang karena Dosen Pembimbing mau aku ganti judul skripsi. And, benar aja! 2 kali booo aku ganti judul skripsi. Semula aku neliti tentang Radio Komunitas Kampus aku dan doping ngga suka ama itu judul. Akhirnya diganti menjadi penelitian tentang Twitter. Eeeh..mungkin saat itu nasib aku lagi apees karena itu judul udah ada yang neliti dan seangkatan aku pula. Akhirnya terpaksa deh mutar otak mikirin judul skripsi yang baru. And Gotcha!! Dapatlah satu judul yang kalo menurut aku "Epic Abeess" karena berhubungan dengan kuliner. Hemm Yummy! (apaan yang yummy sih dut?). Aku akhirnya neliti tentang Instagram kuliner gituu. Langsung deh aku ngebut ngerjain proposal penelitiannya dan doping akhirnya setuju and finally seminar proposal.

Skripsi aku dilanjutkan dengan penyempurnaan BAB I - BAB III plus Kuesioner. Dan ngga semudah atau semulus yang kalian pikirkan. Aku bolak balik revisi chhhooyyy!! di tambah aku sempet ditinggal sebulan ama doping yang ada urusan di luar negeri. Okee... engga apa apa (dalam hati). Belom lagi BAB IV & V yang semula aku anggap mudah karena tinggal ngeliat jawaban kuesioner. Eh...ternyata emang butuh kesabaran dan ketelitian yang luaaarrr biasaa. Ditambah lagi karena skripsi aku ini bersifat kuatitatif, otomatis pastinya dan ngga salah lagi..berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. Aku agak trauma booo ama matematika.. Aku paling engga bisa liat angka lama-lama (serius nih!). Kalo liat angka lama-lama, kepala langsung pusing! Tapi tapi tapi....engga sampai disitu aja. Setelah doping aku balik ke Indonesia dan BAB I - BAB V aku selesai, dengan muka cerah aku kasih itu skripsi yang tebel nya 74 halaman ke doping. "Oke..saya baca dulu ya sekitar seminggu" kata doping aku. Alright...bisa deh yah nyantai seminggu..

Nah! Hari Senin nih berarti udah seminggu. Oke! kita sms bapak doping. "Selamat pagi pak. Ini Annisa. Gimana skripsi saya?" / "Annisa, saya lagi di luar kota. Hari Jumat aja ya". JLEBB!! Seketika aku ngerasin darahku beku dan berasa ada burung terbang di atas kepala. Aku liat kalender dan pupus lah harapan untuk bisa ngejar Wisuda bulan Juni. Hari Jumat pun datang dan berharap doping engga pergi-pergi lagi. Seperti biasa selalu nunggu beliau di tangga depan ruang dosen. Sambil nunggu, aku mainin hp. Biasalah anak jaman sekarang paling ngga bisa lepas dari gadget. Taraa!! Sang doping pun datang dengan masang muka datar. Ups! Jangan-jangan....... "Annisa, ini udah saya lipet yang mana-mana aja di revisi ya. Kamu banyak typing error". Pas aku liat..Gilaaaaa banyak banget lipetannyaaa! Oke! Mumpung masih semangat, kita siapkan revisian ini. Dua hari kemudian, ternyata eh ternyata aku bisa siapin revisian nya. Akhirnya aku hubungi doping lagi buat ketemu. Dengan PeDe nya aku ngetik ACC SIDANG tanggal 30 April 2014 di lembar bimbingan karena ngerasa kalo kali ini bakal di acc meja hijau. Dan...once again.....doping bilang "Saya baca dulu revisiannya". Sumpah! Badanku lemes saat itu. Muka juga langsung maluuuuuu banget.. 

Seminggu berlalu...Ya! Sengaja aku baru nanyain ke doping tentang perkembangan skripsiku seminggu setelah hari paling memalukan sedunia itu terjadi. Dan lagi lagi lagi...skripsiku harus direvisi. "Kenapa ngga sekalian sih pak ama yang kemarin?"(dalam hatiku ngedumel). Tanpa basa basi aku fix kan dua hari bakal siap itu revisian. Dan akhirnya tanggal 7 Mei 2014 aku acc sidang. Yiihaaaaayy!! Dengan cepat, sigap, dan tanpa basa basi aku langsung ngurus administrasi Sidang. Awalnya aku kira ngga bakal ribet. Eh ternyata itu hanya ilusi belaka. Banyak banget hal-hal yang ngga terduga terjadi dan sempat bikin tensi ku naik! Tapi yaudahlah ga usah dibahas. Karena buat ku itu bikin jelek nama Fakultas doang. Sreett sreettt srreett...SIAP! Akhirnya segala urusan administrasi siap dan aku sidang tanggal 16 Mei 2014. Eh...tanggal ini bukan sembarang tanggal. Tanggal 16 itu spesial (pake telor) karena bertepatan dengan 4 bulan massa bimbingan skripsiku. Kok bisa pas ya?Waaahh..ini yang namanya Takdirrr..


Tanggal 16 Mei 2014 pun datang. Sumpah! Dag dig dug dag dig dug seerr! Jantungku ngga berhenti. (Yaiyalah kalo berhenti mati dong!!). Temen-temenku datang buat ngasih support ke aku. Sebelum aku masuk ruang sidang, ngga lupa baca 1-3. Apaan tuh? Maksudnya Al-Fatihah 1x dan Al-Ikhlas 3x. Itu yang Ayahku ajarin supaya tenang dan ngga gugup. Dan akhirnya aku disuruh masuk ruang sidang. Aku disuruh mempertanggungjawabkan isi skripsi yang aku buat dihadapan 3 penguji. Terus ditanya-tanya seputar wawasan/pengetahuan. Sedikit bocoran.. aku ditanya soal peranan media saat ini. 2 jam berlalu..dan aku diminta untuk keluar sebentar sementara 3 penguji berdiskusi buat nentuin apakah aku lulus atau engga lulus. Tidak sampai 5 menit, aku disuruh masuk lagi. Dengan posisi berdiri dibelakang kursi menghadap ke depan 3 penguji, salah satu penguji menanyakan tentang kelemahan aku versi aku sendiri. Dengan kerendahan hati, aku jawab sejujur-jujurnya. Terus penguji tersebut memaparkan hasil-hasil sidang. And then.... " Baiklah Annisa Febrina dengan NIM 100904080 dengan ini kami nyatakan TIDAK.....MENGULANG KEMBALI atau dengan kata lain dinyatakan LULUS". Tuhaaann!! Seketika itu aku sempet mau menitihkan air mata. Rasanya pengen meluk ketiga penguji yang udah meluluskanku dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU. Kemudian sidang di akhiri dengan jabatan tangan dengan ketiga penguji.

Aku keluar ruang sidang dan sudah ditunggu oleh teman-temanku. Legaaaaa rasanyaaaaaa! Langsung ku telpon Ayah, Ibu dan Eyang yang memang sedang menanti kabar bahagia ini. Sempat ku titih kan air mata bahagia ketika mengabari mereka. Bisa ku rasakan betapa bangga nya mereka saat aku dinyatakan LULUS dan sudah jadi Sarjana Ilmu Komunikasi walau belum secara resmi. Hampir seminggu berlalu, saat ini aku masih ngerjain revisian yang di koreksi penguji saat sidang kemarin. Ya h....lumayan banyak juga yang harus diperbaiki. Aku dikasi waktu 2 minggu ama Ayah buat nyelesaiin revisi ini. Soalnya, aku di iming-imingin bakal di kasih hadiah kelulusan kalo aku siapin ini revisian dalam 2 minggu. Bicara soal kapan wisuda? Ha ha ha. Masih sangat lamaaa. Katanya sih kalo engga Agustus atau September 2014 gitu. Tapi menurutku, belum resmi jadi Sarjana kalo belum Wisuda!!!!

You Might Also Like

0 komentar