Ngambil S2 di Mercubuana Kelas Karyawan

12:40:00 PM



Assalamu'alaikum..
Hai..kali ini aku mau sharing tentang pengalaman aku mengambil S2 di Universitas Mercubuana. Sengaja aku share soalnya banyak banget di twitter yang pada nanyain cara aku daftar kuliah disana, pake test masuk atau engga, berapa biaya daftar dan biaya kuliahnya, dan bla bla bla.

Well, dari awal aku emang udah niat banget buat ngelanjutin S2 di Jakarta. Padahal aku ngga tau apa-apa soal sistem pendidikan di Jakarta. Wajar dong, aku yang merupakan seorang pendatang baru di Ibukota ngubek-ngubek informasi tentang Universitas yang bagus untuk mengambil S2. Aku asli orang Medan. Tapi karena udah sering banget ke Jakarta, dan kebetulan Abang aku tinggal di Jakarta, akhirnya memantabkan diri untuk kuliah (lagi) disini. Setelah searching dan tanya sana-sini, akhirnya ketemulah dengan Universitas Mercubuana. Apalagi ada program Kelas Karyawan. Yang membedakannya dengan Kelas Reguler adalah jam kuliah (lebih jelasnya lagi tanya langung ke marketingnya aja ya).  


Jadi, waktu itu aku dateng ke bagian pendaftaran nya yang di Kampus Meruya karena emang niatnya mau kuliah nya di kampus Meruya biar lebih dekat dari rumah. Ketika datang, aku ditanyain mau ambil apa dan kemudian diminta untuk mengisi formulir dan membayar biaya pendaftaran. Karena pada saat itu aku adalah calon mahasiswa program Kelas Karyawan Angkatan 27 dan mengambil studi S2 (Pasca Sarjana), biaya pendaftarannya Rp.300.000. Setelah itu, langsung diminta untuk mengikuti test. Untuk test, ada psikotest, pengetahuan umum dan pengetahuan akademik. Tes psikotest ya kayak tes pada umumnya (sinonim, antonim, lanjutan bilangan dan lain-lain), lalu tes pengetahuan umum (siapa nama president RI ke sekian, Hari Sumpah Pemuda itu kapan, dan lain-lain), dan terakhir tes akademik yaitu berhubungan dengan jurusan yang di ambil. Karena aku ambil ilmu komunikasi jadi pertanyaannya kayak gini (apa fungsi komunikasi, jenis komunikasi, dan lain-lain). Setelah tes, disuruh nunggu sekitar 10 menitan dan tiba-tiba di panggil lagi. Kemudian akhirnya dinyatakan lulus/diterima masuk di Pasca Sarjana Komunikasi Universitas Mercubuana Program Kelas Karyawan. Jadi, intinya, cara masuk kesana itu gampang dan ngga ribet. Ngga sampe satu hari udah langsung keterima.




Buat yang nanya jadwal kuliah, aku sendiri milih kelas pagi (jam 7.00 - 14.30 WIB). Tapi jadwal itu ujung-ujungnya tergantung mata kuliah yang di ambil. Selain itu, kelebihan kelas karyawan lainnya adalah adanya kelas E-Learning. Jadi, ngga semua mata kuliah ada e-learning. Hanya mata kuliah tertentu saja yang ada e-learning nya. Jadi kelas ini fungsinya agar membantu mahasiswa yang kerja untuk bisa menghadiri kelas dimana, dan kapan saja. Maklum lah program kelas karyawan ini rata-rata adalah karyawan-karyawan yang kerja. 

Mungkin itu aja yang bisa aku sharing. Buat yang mau nanya-nanya, boleh di comment deh, ntar aku jawab dengan jelas. Boleh juga nanya-nanya via Twitter ya (klik aja tulisan twitter nya). Buat yang mau nanya langsung ke bagian marketingnya, silakan klik Twitter Kelas Karyawan 


Semoga bermanfaat


You Might Also Like

7 komentar

  1. Ka icha,,, aq niat ambil s2 di UMB tapi klo bahasa inggris aq ga fasih2 banget gmn?? Oya selama ini pembelajaran dengan dosen pake bahasa inggris atau bahasa indonesia ka?? Makasih ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai....aku juga ga fasih bahasa inggris kok..dan itu bukan masalah yang besar. Lagipula, pembelajaran dengan dosen ga pake bahasa inggris, Hanya materi2/bahan ajar nya aja yang kadang2 bahasa inggris. Anyway, coba di tonton video ini https://www.youtube.com/watch?v=xYgxUxhKMV8

      aku buat video tentang Ngambil S2 di UMB. Semoga bermanfaat..
      Jangan lupa di SUBSCRIBE juga ya. hehehe. thank you..

      Delete
  2. Iya ka, aq sbnernya udh liat video kk di youtube. Cuma katanya s2 itu beda sma s1 ya ka?? Aq takut jdi mahasiswa yg paling ngga ngerti lagi.... mohon masukannya ya ka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti beda dong. Di S2 kita dituntut untuk mandiri dalam belajar, berdiskusi dan lain-lain. Tapi ngga kalah seru deh ama S1. Sangat menantang bangeettt!! Temen2 nya juga keren-keren pastinya..

      Delete
  3. Thanks mba ceritanya, sedikit memberi gambaran untuk rencana lanjut kuliah S2 di Mercubuana.

    ReplyDelete
  4. Maaf kan lw boleh tau soal testnya esai atau pilihan ganda???

    ReplyDelete