Pesona Danau Toba di Taman Simalem Resort

12:45:00 PM


Photo by Annisa Febrina
Taman Simalem Resort merupakan salah satu ekowisata yang terletak di perbukitan barat laut Danau Toba, salah satu danau vulkanik yang terdalam di dunia. Perjalanan ke Taman Simalem Resort dapat ditempuh  dalam 2,5 - 3 jam melalui perjalanan darat dari  kota Medan atau dapat juga dicapai lebih kurang 45 menit perjalanan dari kota wisata Berastagi. Kawasan Taman Simalem Resort ini dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara yang menggabungkan konsep pertanian (agrowisata)  dengan luas lebih dari 25 hektar dan kegiatan ekowisata di dalam satu kawasan terpadu. Simalem dalam bahasa batak karo berarti sejuk dan nyaman, sangat sesuai dengan alamnya. Udara nya yang dingin hingga menusuk tulang membuat para pengunjung menikmati keindahan alam sekitarnya terlebih lagi kawasan ini berada di atas perbukitan yang bertatapan langsung dengan Danau Toba.

            Setelah menempuh perjalanan sekitar 35 km dari Kabanjahe, akhirnya sampailah di gerbang security check Taman Simalem Resort. Beberapa petugas menyambut dengan ramah dan seorang petugas wanita mendekati mobil, memberi tahu tarif masuk yang dihitung berdasarkan ukuran mobil. Tarif masuk untuk mobil dikenai biaya  Rp. 250.000,- . Ini sudah termasuk beberapa voucher untuk membeli makanan, minuman dan bermain di wahana outbound. Harga yang wajar jika dibandingkan dengan fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan disana.

            Setelah melewati gerbang security, di sepanjang jalan kita dapat menikmati  pemandangan hutan  yang asri  dengan vegetasi pohon pinus yang terawat rapi  menuju gapura utama Taman Simalem Resort. Kemudian sampailah di sebuah air mancur buatan yang didesign dengan bentuk yang bulat yang disebut dengan “Fountain of Wealth” . Tugu air mancur ini berada ditengah-tengah kawasan Taman Simalem Resort  dan merupakan titik sentral yang mempunyai empat akses jalan menuju ke seluruh tempat-tempat fasilitas yang tersedia dikawasan Taman Simalem ini.

            Terdapat empat zona kawasan di Taman Simalem Resort yang masing-masing mempunyai fasilitas yang berbeda-beda. Pertama, bisa kita jumpai Pangambatan Valley yang berada  di sebelah barat  kawasan ini, kita dapat melihat perkebunan Biwa dan Markisa, kemudian pusat pembibitan bunga (flower nursery) dan lokasi outward bound. Kedua, di arah timur kawasan simalem ini bisa kita temukan Karo Agrotourism  Farm & Mart yang merupakan pusat penelitian, pengembangan dan penjualan bunga, buah dan sayuran. Ketiga, disebelah selatan kawasan ini terdapat Kodon-Kodon Cafe yang biasa digunakan sebagai tempat start bagi wisatawan yang akan melakukan trekking ke air terjun kembar.  Menariknya dari  toilet di  Kodon Kodon Cafe kita dapat melihat Danau Toba karena dinding luar toilet terbuat dari kaca transparan. Dan yang terakhir, di arah  Utara, terdapat fasilitas Buddhish Temple yang saat ini  sedang dalam pembangunan,  merupakan vihara dengan arsitektur  vihara Tiongkok.


            Kesegaran alam yang di nikmati disana menambah keyakinan para pengunjungnya  untuk kembali mengunjungi Taman Simalem Resort di waktu liburan lainnya. Pastinya, tempat wisata ini wajib di datangi bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar provinsi Sumatera Utara.

You Might Also Like

2 komentar

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Mahal juga ya 250rb per mobil, tetapi harusnya sebanding dengan pesona yang ditawarkan. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum..
    kalo menurut saya sih sebanding kok mas dengan pemandangan sekitar. kalo belum pernah kesana, coba sekali-sekali mas. hehehe

    Salam kenal~

    ReplyDelete