Akhirnya Drama Seminar Berakhir

12:37:00 AM

Haloooooo
Assalamu'alaikum..
Cepet banget ya tau-tau udah bulan Maret aja. Kayanya baru kemarin deh Februari (emang baru kemarin chaak!). Anyway gue mau cerita soal seminar proposal yang baru sekitar seminggu lalu telah selesai. Menurut gue cerita ini agak sedikit drama dan sebenarnya ngga mau gue tulis di blog. Tapi yaudahlah yaa biar blog ini ada isinya, gue ceritain aja. Semoga aja ngga ada yang baca hahahha :'). Jadi, gue ini sebenarnya udah lama banget nyelesaiin bab 1 sampai bab 3 tesis gue. Oh iya gue belom cerita ya... gue sekarang udah masuk semester 4 program Magister Ilmu Komunikasi which is sekarang ini gue bener-bener fokus hanya pada tesis doang dan ngga ada mata kuliah lagi. Nah proposal tesis gue itu udah selesai jauh sebelum masuk di semester 4. Kalo ngga salah tuh awal bulan November 2016 gue udah selesaiin proposal tesis dan langsung daftar untuk seminar proposal/sidang outline. Tapi karena hidup gue yang "drama" inilah yang menyebabkan gue "tercampak" hingga akhirnya seminar di bulan Februari 2017. Gila men..3 bulan lebih gue nunggu untuk bisa seminar (shock gitu ceritanya). Gue sih ngga mau nyalahin siapapun. Malah gue nyalahin diri sendiri. Mungkin emang karena gue nya yang kurang bersyukur, mungkin emang karena gue nya yang kurang berdoa, mungkin karena emang gue nya yang terlalu "drama", mungkin karena emang gue nya yang ngga sabaran. Pokoknya salah gue deh! (tuh kan dramaaa).

So, finally! gue seminar proposal di tanggal 22 Februari 2017 sehari setelah ulang tahun gue (cieeeee songong!). But really!!! That was my best birthday gift EVER! Ceritanya, pas tanggal 21 Februari, gue iseng-iseng nanya ke yang bersangkutan ngurusin mahasiswa pasca tentang jadwal seminar gue. Tapi kali ini gue datang ke kampus langsung (biasanya lewat whatsapp doang). Terus beliau bilang, nanti dijadwalkan ulang dan nanyain apa gue udah siap. Jujur gue agak kaget. "hah? Siap? gue mah udah siap lahir batin dari kemarin-kemarin. Terus ini apa??" Tapi yaudahlah yaa. Mungkin ini salah gue. Gue yang salah. Jangan salahkan siapapun! (dramaa lagiiii -_-). Then, pulanglah gue ke rumah (yang jauh itu). Sorenya sekitar jam 3an dihari itu juga, pas gue lagi tidur-tiduran di kamar, berbunyilah suara hp (centiinggg). Masuklah whatsapp dari mas-mas TU ngebilangin kalo gue BESOK (22 Februari 2017) akan seminar proposal jam 10 pagi. Disaat itu gue bener-bener syok, speechless ngga tau mau ngomong apa. Allah benar-benar mengabulkan doa gue begitu sangat cepat (soalnya pas jam 12 malem di hari ulang tahun gue, gue doa supaya seminar segera). Eeehhh, beneran dong yaa, ALHAMDULILLAH..........

Disaat itu juga gue langsung ngabarin Ayah Ibu. Dan betapa senangnya mereka saat tau kalo gue akan seminar proposal. You know laa kalo anak gadis yang merantau itu gimana....orang tua mana yang ngga senang kalo anaknya yang kuliah di kota lain ini bisa seminar proposal (baca: urusan kampus/perkuliahan lancar). Abis itu gue langsung prepare buat seminar. Nyiapin konsumsi buat dosen pembimbing dan dosen penguji, konsumsi buat audiens, copyan handout, dan lain-lain. Terus, malamnya gue agak baca-baca dikit laa. Soalnya saking lama nya sampe gue rada lupa isi slideshow power point seminar. Hahaha :').

Okeh! 22 Februari tibaaa..
Gue berangkat dari rumah jam setengah 9 pagi. Nyampe kampus jam setengah 10. Pas masuk ruangan seminar, orang-orangnya bisa di hitung pake jari dong yaa... mungkin efek libur kampus kali yaa (harus positive thingking!). Tapi special thanks buat mamih Nurul yang udah nyempatin datang hari itu. Thanks juga buat kado coklatnya yaa :* Dan ternyata ngga cuma gue yang seminar. Ada sekitar 4 orang yang seminar. Gue kebagian giliran yang ketiga. Bla bla bla....Akhirnya giliran gue maju. Dag dig dug...dag dig dug...udah lama juga ngga tampil presentasi di depan. Ada penguji pula lagi. Tapi Bismillah.....

Saat penguji dan moderator memberikan pertanyaan dan saran

Setelah menyampaikan isi proposal sekitar kurang lebih 10 menit, audiens diminta untuk bertanya. Yang gue inget ada 2 orang yang nanya dan ngasih masukan yang sangat sangat berarti banget buat tesis gue (thanksss guys!). Kemudian, mulai lah dosen penguji bertanya beberapa pertanyaan dan ngasih masukan terkait penelitian gue. Oh iya..saat itu dosen pembimbing gue bertindak sebagai moderator seminar. Beliau adalah Bapak Dr. Afdal Makkuraga, M.Si. Lalu yang bertindak sebagai penguji adalah Bapak Dr. Ahmad Mulyana, M.Si. Beliau adalah ketua program studi Magister Ilmu Komunikasi yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu. And you know what...beliau adalah dosen favorit gue. Beliau mengajar matakuliah Penelitian Komunikasi Kualitatif pada semester 3 yang lalu. Yang gue suka dari beliau adalah metode Mapping yang ia terapkan ke semua mahasiswa yang beliau ajar serta ke mahasiswa bimbingannya. Murah rejeki yaa pak!!

Setelah gue berhasil menjawab beberapa pertanyaan kemudian moderator selaku dosen pembimbing gue juga ngasih masukan, maka selesailah seminar gue. Dan akhirnya proposal gue dinyatakan layak untuk di lanjutkan dalam bentuk tesis. Satu hal yang ngena banget yang Pak Mulyana bilang saat itu bahwa "Proposal yang baik adalah Proposal yang menjadi Tesis, Tesis yang baik adalah Tesis yang di Sidang kan, dan Sidang yang baik adalah Sidang yang telah selesai di Revisi (tesisnya)" Wow Amazing!!!!


With mamih Nurul. Thanks ya mih :*

Oh iya...thanks buat Pak Afdal yang sangat sangat baik mau memberikan kertas berisikan apa yang harus gue revisi (biasanya dosen lain nyoret-nyoret di proposal) Tapi beliau justru membuatkan catatan revisi di kertas lampiran BAP (Berita Acara Seminar). Alhamdulillah seminar telah selesai.Eits.. jangan lupa cekrek-cekrek duluu. Hahaha. Nah sekarang ini gue masih revisi sih. Sekalian nambah beberapa bagian di Teori. Next gue bakal cerita seputar apa yang menjadi bahan penelitian gue ya. Kalo pas gue ada waktu senggang buat nulis panjang lebar kayak tulisan sekarang ini. Tumben banget gue bisa nulis blog sepanjang ini.



Well, itu aja yaa cerita-cerita "drama" hidup gue kali ini. Thanks buat semua orang yang udah menjadi bagian dalam drama seminar proposal ini. Doain yaa biar tesis gue kelar. Karena tesis yang baik adalah yang selesai!! -THE END-

You Might Also Like

0 komentar