Tentang Foto di Sosial Media

9:04:00 PM

Terkait beberapa foto di Instagram yang sering aku hapus seperti foto bersama teman2 kuliah,  foto bersama sahabat2 ku,  foto keluarga,  bahkan foto diri sendiri.  Aku minta maaf jika ada yang tersinggung dan sedih bila aku menghapusnya. Aku mohon kalian mengerti.  Sulit bagiku menghapusnya namun sulit juga bagiku untuk memajangnya.
•••

Aku termasuk orang yang aktif di sosial media.  Entah itu Instagram,  path, twitter, facebook, dll. Sejak lama aku memang sudah sering mengunggah berbagai foto. Namun kalo dipikir2, kalo aku mengunggah foto teman2, sahabat atau keluarga ku yang tidak berjilbab padahal mungkin saat ini mereka sudah hijrah, apa aku akan berdosa dengan menampakkan aurat mereka di sosial media?  Aku sendiri masih mencari penjelasan soal itu.  Tapi,  untuk menjaga kehormatan dan aib teman,  sahabat dan keluarga ku,  akhirnya foto2 lama ku hapus di Instagram.
•••
Aku minta maaf jika dengan menghapus foto2 tersebut bukan berarti aku tidak suka atau mencoba menjauh atau mencoba memutuskan tali persaudaraan. TIDAK!  Sosial media itu terlalu luas. Sangat sayang jika secara tanpa sadar aku mempertontonkan aib atau aurat saudara2 muslim ku di Instagram sedangkan mereka sedang menuju proses hijrah nya.
•••
Saat ini aku hanya lebih sering mengunggah foto bersama keluarga. Besar keinginanku untuk mengunggah foto bersama teman dan sahabat namun hanya saja waktu dan kesempatannya yg belum tepat. Aku harus menghormati mereka juga.  Mungkin beberapa orang tidak keberatan,  tapi tetap saja itu menjadi beban untukku dan pasti harus aku pertanggungjawabkan di akhirat kelak.
•••
Perlu di garis bawahi bahwa aku mengunggah foto di sosial media hanya untuk kenangan dan berkomunikasi dengan teman, sahabat dan keluarga yg jauh karena kebetulan saat ini aku sedang merantau dari kota kelahiranku. Mohon ampun aku jika ada maksud selain itu. Manusia tidak luput dari khilaf. Begitu pula aku.
•••
Di sosial media lain memang masih banyak terpajang foto teman,  sahabat keluarga yg belum aku hapus.  Bantu aku untuk meringankan 'hal' yg harus ku pertanggungjawabkan nanti dengan tetap berfikir positif dan terus memberikanku nasehat..
Ciputat, 23 Mei 2017
Sumber : Google (Free Profile Picture)

You Might Also Like

0 komentar