Awal mula saya berhijab syar'i

2:14:00 PM

Assalamu'alaikum...
Hai teman-teman..

Terimakasih buat kalian yang udah setia membaca tulisan-tulisan di blog aku yang tidak seberapa ini. hehehe. Singkat cerita, tulisan kali ini aku mau berbagi pengalaman awal mula akhirnya memutuskan untuk berhijab syar'i. Tapi sebelumnya, aku pertama kali pakai jilbab itu pas SMP kelas 1 pas mulai baligh dan tanpa paksaan siapapun. Disitu emang udah sadar kalo pakai jilbab itu ya wajib hukumnya bagi wanita yang udah baligh karena semua dosa-dosa kita udah harus kita tanggung sendiri. Jadi bener-benar murni dari hati pengen pakai jilbab. Nah mulai deh tuh pakai celana atau rok panjang, baju tangan panjang juga. Ya walaupun memang pada saat itu jilbab nya masih model anak sekolahan yang kadang rambut nya keluar-keluar gitu. hahaha.

Sampai akhirnya kuliah S1, model berpakaian pun berganti. Di semester-semester awal kuliah itu aku masih suka pake jeans dan kemeja yang saat itu masih kategori pas di badan. Pernah juga pake legging dan baju-baju rumbai kayak kelelawar gitu. Bisa bayangin kan, dengan tubuh besar seperti itu dan dengan pakaian seperti itu pula, udah mirip kayak ikan pesut. Hihihi. Jilbab pun modelnya masih yang tidak menutup dada. Astagfirullah :( Sampai akhirnya seiiring berkembangnya jaman, mulai hits tuh jilbab-jilbab ala hijabers pakai pashmina. Dan aku pun ikut ketularan pakai model begitu. Yang jelas membutuhkan waktu lebih lama karena pertama-tama masih suka liat video-video tutorial kemudian akhirnya mulai terbiasa dengan berbagai lipatan-lipatan dan terbiasa dengan jarum pentul yang ngalah-ngalahin tukang jahit. Nah disitu juga udah mulai berubah tuh cara berpakaiannya. Mulai pake rok dan baju nya juga ngga terlalu pas-pasan di badan cuma emang saat itu jadinya lebih suka pake kaos, karena pake kemeja ngga ada yang muat. Kalo pun ada, pasti itu kemeja ukuran cowok. Ya nasiiibbbb :(

Setelah tamat S1, mulai berubah lagi cara berpakaiannya. Lebih sering pake rok panjang, lalu baju lebih longgar dan jilbab pun udah mulai menutup dada tapi masih model jilbab segi empat kayak pada umumnya. Lalu makin kesini, makin sadar diri. Akhirnya pas S2, aku mutusin untuk pakai jilbab syar'i yang panjangnya sepinggang tapi masih pake rok dan baju longgar kayak biasanya. Disitu aku ngerasa nyaman dengan diri aku yang pakai jilbab syar'i, menutup dada dan longgar. Kalo ditanya kenapa kok jadi tiba-tiba begitu cha? Well aku sendiri juga ngga tau. Bingung gimana jawabnya. Padahal pas awal masuk S2 tuh aku masih pake jilbab segiempat dan masih berpakaian kayak biasanya juga. Aku berfikir, mungkin emang Allah yang udah mengatur itu semua. Udah takdir Allah juga. Tiba-tiba di gerakkan hati ini untuk mulai berpakaian yang sesuai syariat. Dan akhirnya perubahan itu lah yang mengantarkan aku sampai pada titik dimana sekarang mulai pakai jilbab syar'i yang panjang dan mulai pakai hijab ( kain yang menutup seluruh badan alias gamis), terus kemana-mana juga selalu pakai kaos kaki (ingaatt!! kaki juga aurat ya ^_^). Kalo dihitung-hitung kurang lebih baru 2 tahun ini mulai mencoba berpakaian sesuai syariat islam.

Sekarang yang ada tinggal penyesalan, kenapa ngga dari dulu ya berpakaian syar'i? Kenapa baru sekarang? Udah begitu banyak nikmat yang Allah kasih, masa berhijab sesuai syariat aja susah banget cha! Terus pas baca-baca berbagai referensi ternyata dosa-dosa kita pas tidak pakai jilbab padahal sudah baligh dan dosa menampakkan aurat lainnya di depan yang bukan mahram kita, justru jadi ladang dosa dan bisa jadi mengantarkan Ayah kita ke neraka. Naudzubillah min dzalik.. Kita yang buat dosa, eh Ayah kita yang ke neraka :( Maaf ya Ayah kalo icha dulu sampai sekarang pun belom sempurna cara berpakaian dan berhijabnya... Semoga Allah mengampuni dosa kita semua..

Jujur, dengan yang sekarang ini aku sangat-sangat nyaman. Simple, sejuk, damai. Kadang mau sholat di tempat umum tapi ngga ada mukena pun, masih bisa sholat dengan berpakaian syar'i gini. Tapi di inget juga, pakaian syar'i yang seperti apa dulu yang bisa di pakai untuk sholat. Intinya, kalo kita mau berubah, ya di mulai dari cara berpakaian kita. Apalagi kita wanita dan beragama islam pula.  Berubah kearah yang lebih baik itu pilihan tapi jangan berubah berpakaian syari karena untuk menyenangkan hati orang lain, atau agar dilihat cantik oleh orang lain, atau agar dipuji oleh orang lain. Jangan yaaa.. Kalo aku sih ngga pernah memaksa teman-teman di sekitar aku untuk berpakaian syar'i. Tapi cobalah sekali aja. Walaupun coba-coba untuk sehari, ga apa-apa. Kalo sudah ada keinginan, lalu mencoba dan akhirnya jadi kebiasaan terus bisa saja jadi nyaman...Dan bukan berarti teman-teman yang ngga berjilbab syar'i itu tidak baik atau gimana-gimana. Malah aku senang sama teman-teman yang sudah mulai pakai jilbab atau masih pakai jilbab yang pada umumnya karena aku pun awalnya seperti itu. Ya! itu semua adalah proses. Proses taat kita kepada Sang Pencipta. Tinggal kita sendiri yang memilih, mau berproses menuju yang lebih baik atau stuck di satu tempat. You Choose! :)

Segitu aja deh cerita soal pengalaman pertama kali pake hijab syar'i. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat buat orang banyak. Maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan. Karena yang sudah berjilbab syar'i pun belom tentu baik dan benar. Kesempurnaan milik Allah, Kekurangan milik saya :)

Wassalamu'alaikum..

You Might Also Like

0 komentar