Be Good Internet User

2:06:00 PM

Assalamu'alaikum...


Di era digital sekarang ini, berbagai informasi baik berupa tulisan maupun gambar udah bertebaran dimana-mana, Entah itu di jejaring sosial, situs berita online, atau mungkin hanya sekedar opini yang diambil dari blog seseorang. Permasalahan yang muncul sekarang ini adalah justru kurang nya kesadaran kita-kita sebagai pengguna media online untuk mencoba 'menghargai' hak cipta dari apa yang kita posting ketika misalnya kita merepost kalimat atau gambar, atau mengambil gambar, atau menggunakan gambar apapun untuk di publikasikan kembali agar dilihat oleh khalayak umum. Sepele memang tapi justru sebenarnya kalo kita menyertakan sumber, itu sama artinya kita menghargai karya orang lain. Betul ngga? 

Ngga usah jauh-jauh deh. Kita pas lagi skripsian, misalnya. Kita itu diharuskan untuk menyertakan sumber ketika mengutip kalimat atau menggunakan gambar entah itu dari buku, majalah, situs online, dan lain-lain. Kita di ajarkan untuk menghargai karya orang lain, menggunakan data valid atau teori yang valid untuk mendukung penelitian kita. Jadi apa yang kita tulis dalam skripsi bisa kita pertanggung jawabkan karena ada nya hal-hal yang valid tersebut. Hal yang sama ini juga berlaku di dunia maya. Seharusnya apa yang kita posting bisa di pertanggung jawabkan jikalau ada sumber dari kalimat atau gambar yang kita ambil di internet. Salah satu hal yang bagi aku sangat ngga bertanggung jawab adalah tentang kejadian beberapa hari lalu yang aku alami sendiri. Di Instagram pribadi aku, aku suka banget posting gambar kalimat motivasi atau kuote gitu. Sengaja juga aku sertakan akun IG aku di gambar tersebut sebagai tanda bahwa aku yang membuat gambar tersebut. Gambarnya sangat simpel. Berlatarbelakang putih, beberapa baris kalimat motivasi dan dibawahnya tulisan akun IG aku. Tapi sungguh-sungguh mengecewakan ketika ada akun motivasi yang cukup hits di Instagram justru memotong (ngecrop) tulisan akun IG aku. Jadi hanya tinggal tulisan kalimat motivasi itu. Ditambah lagi di caption nya pun tidak ada menyertakan sumber repost gambar yang ia ambil dari akun IG aku. 

Iya bener ini adalah hal yang sepele. Dan ngga penting juga lhoo akun IG aku yang tidak seberapa itu. Tapi Heyyy!! Cobalah hargai kami-kami yang membuat gambar tersebut. Walaupun hanya gambar titik koma sekalipun, kalo kalian ngambilnya di blog pribadi, di akun sosmed, atau di situs internet apapun, sumber itu penting untuk di cantumkan. Terus ada juga yang lebih parah ketika gambar yang full color sekalipun, ada orang yang sanggup banget sengaja menghapus sumber gambar (yang biasanya di buat di gambar tersebut) hanya dengan alasan untuk profil picture lah, untuk di cetak lah, dan sebagainya.. Kesel ngga sih? Well untuk orang-orang yang emang kerjaannya terkait menggambar, mendesain, atau penulis sekalipun pasti sangat kesal kalo tidak dihargai seperti itu.

Aku mengajak teman-teman semua, YUK sama-sama kita hargai karya orang lain dengan mencantumkan sumber ketika merepost, menulis, mengambil apapun (tulisan maupun gambar) di dunia maya (internet) ataupun ketika kita menulis sesuatu yang sifatnya untuk dipublikasikan ke khalayak umum. Jangan biarkan generasi kita jadi generasi 'copy paste' karena sesungguhnya apapun itu pasti akan diminta pertanggung jawabannya kelak.

Thank you for reading...
Semoga bermanfaat...

You Might Also Like

0 komentar