Menuju Wisuda S2 Mercu Buana 2017

9:18:00 PM

Assalamu'alaikum..
Holaaa!

Kali ini aku mau ceritain tentang prosesi yang paling di tunggu-tunggu dan puncak dari kelulusan di S2 Mercu Buana. Setelah melewati lika-liku dan drama-drama ala sinetron, akhirnya..Aku akan di wisuda!! Yipii! Well, tapi tulisan kali ini aku mau bikin jadi 2 bagian. Bagian pertama aku akan cerita tentang "Menuju Wisuda" dan nanti bagian kedua aku akan ceritain tentang peristiwa-peristiwa di hari H wisuda. Cukup adil yaa biar ngga panjang-panjang banget nyeritainnya. Takut blog aku jebol (alesan!). So, di bagian pertama ini, aku mau sharing dulu nih tentang gimana sih alur pendaftaran wisuda nya? Soalnya beberapa teman aku juga banyak yang bingung bahkan termasuk aku sendiri yang pada saat itu justru kebanyakan bolak baliknya. Nah, jadi ngga ada salahnya kan kalo aku bantu cerita disini biar kalian yang mungkin anak Mercu Buana yang jadi pembaca blog aku lebih mudah mengerti alur pendaftaran wisuda disana.

Firstly, Tanggal 29 Juli 2017, aku datang pagi-pagi saat itu ke BAPA kampus menanyakan cara pendaftaran wisuda. Lalu dapatlah formulir pendaftaran wisuda. Setelah mengisi form, ternyata ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Sebelumnya, aku memang sudah menyiapkan syarat-syarat yang di butuhkan. Adapun syarat-syarat pendaftaran wisuda di Mercu Buana antara lain :

  • Bukti Pembayaran Wisuda
  • Bukti telah menyerahkan Laporan Tugas Akhir/Tesis ke TU dan Perpustakaan
  • Bukti telah menyerahkan sumbangan buku
  • Rekap Laporan Keuangan (Untuk kelas Reguler 2)
  • Form Alumni dari UMB Career Centre
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 4 lembar
  • Mengirimkan File Scan KTP  ke email BAPA
Karena diharuskan membayar uang pendaftaran wisuda terlebih dahulu, aku pun langsung meluncur ke Bank BNI kampus dan ngga perlu ngantri lama, didapatlah kuitansi pembayaran yang gunanya untuk dilampirkan sebagai berkas pendaftaran wisuda. Setelah itu aku ke bagian UMB Career Centre untuk mengisi form alumni. Nah karena emang aku ngga tau tempatnya, akhirnya menghabiskan waktu 10 menit muter-muter buat nanya dimana tempat ini. Maklum seringnya mangkal di Gedung Tower doang. Hahaha. Well, hanya perlu 10 menit juga untuk mengisi form ini kemudian petugas akan memverifikasi jika form sudah terisi dengan benar dengan memberikan surat keterangan yang juga akan dilampirkan sebagai berkas pendaftaran. Selanjutnya aku ke BAK alias bagian administrasi keuangan untuk meminta rekapan laporan keuangan dari semester awal sampai akhir. Oh iya, untuk Bukti telah menyerahkan tesis ke TU dan perpus serta Bukti telah menyerahkan sumbangan buku udah aku siapin jauh-jauh hari karena itu form semua emang harus di sediakan setelah tesis rampung dan di hardcover. Jadi emang udah alur nya. Nanti akan di arahkan oleh bagian TU kok.

Lalu, setelah merapihkan berkas dan menyerahkan ke petugas di BAPA, didapatlah nomer urut wisuda dan 2 form pendaftaran (warna merah dan biru) yang nantinya  untuk mengambil undangan dan toga. Jangan lupa juga untuk mengirimkan scan KTP ke email BAPA kampus. Kayaknya sih ini penting. Oke! Tanggal 18 November pun tiba, hari pertama mengambil undangan dan toga. Pertama aku ke BAPA untuk ambil undangan dan ijazah/transkrip asli. Tapi berhubung ijazah/transkrip asli udah aku ambil jauh sebelumnya, di dapatlah undangan beserta name tag. Nah undangan ini hanya untuk 2 orang saja. Tadi nya Ayah Ibu yang akan datang, tapi karena wisuda di undur...Yah kita lihat saja nanti :'(

Undangan dan Toga Wisuda
Selanjutnya aku ke bagian TU Pascasarjana di Gedung Tower Lantai 2. Pas nyampe disana, yang ambil toga baru 2 orang doang. Emang ngga salah deh datang pagi-pagi. Hahaha. Aku pun menyerahkan lembar pendaftaran wisuda yang berwarna merah dan kemudian memilih ukuran toga serta menuliskan bukti pengambilan toga. Lalu selesailah semua urusan ambil toga dan undangan tinggal menunggu hari H wisuda.

Melegalisir Ijazah/Transkrip ke TU Pascasarjana
Oh iya, aku saranin buat kalian yang kebetulan tinggalnya jauh dari kampus ataupun kota Jakarta, setelah ambil ijazah/transkrip asli, langsung aja fotokopi untuk di legalisir. Dari kampus hanya memperbolehkan masing-masing 10 lembar untuk meleges ijazah/transkrip dan dikenakan biaya administrasi serta bisa di ambil seminggu kemudian. Silakan tanyakan langsung ke bagian TU masing-masing untuk keterangan lebih lanjut.

Sekian dulu cerita menuju wisudanya ya..
Kita tunggu gimana serunya hari H wisuda tanggal 29 November 2017

See You :)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hai ica mau tanya dongs .. kalo ijazah asli dan transkip nilai bisa di ambil berapa hari sebelum wisuda ya? Apa pada saat daftr wisuda sudah bisa ambil ijazah dan transkip nilai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii..kalo ngga salah 2 minggu/ seminggu sebelum wisuda sudah bisa ambil ijazah dan transkrip asli kok.

      Delete